Saturday, December 10, 2016

Bait-bait Peneguh Jiwa #10

🍁 *Bait-bait Peneguh Jiwa #10* 🍁
_11 Rabiul Awwal 1438H_

*Ketika mereka berpaling*
Rintangan pertama di jalan dakwah yg dihadapi para da'i ialah berpalingnya manusia dari mereka dan tidak memperdulikan apa yang didakwahkan kepadanya, seolah-olah telinga mereka telah tuli.
Jika cobaan-cobaan seperti itu membuat mereka merasa sedih dan lumpuhnya tekad mereka, dan mereka tidak berpuas hati dengan sambutan yang telah diperoleh, maka dia telah gagal di permulaan jalan dakwah.
*Mereka ini tidak dapat diharapkan lagi* untuk meneruskan jalannya bersama angkatan para pendukung dakwah kepada Allah.

Setiap orang yang melalui jalan dakwah ini wajib mempersiapkan dirinya diatas jalan dakwah walau bagaimanapun susahnya.
Dia harus dapat memahami bahwa untuk mendapat sambutan dan mencapai hasil yang memuaskan bukan satu hal yang mudah karena pendukung dakwah itu menyeru manusia kepada mereka yang berlawanan dengan kehendak hawa nafsu mereka, mengajak mereka meninggalkan beberapa kepercayaan yang sesat dan berbagai adat lapuk jahiliyyah.

πŸŒΎπŸ¦ƒπŸŒΎπŸ¦ƒπŸŒΎπŸ¦ƒ

Oleh karena itu,
*Para Dai mesti bersabar dan terus bersabar dalam menyampaikan dakwah,* walaupun manusia berpaling atau tidak memberi perhatian terhadap dakwahnya.
Ambillah teladan dan qudwah hasanah pada diri Rasulullah saw. dalam urusan dakwah ini, karena dia adalah manusia yang sangat tinggi, ideal, dan mulia bagi para pendukung dakwah yang menyeru manusia pada jalan Allah.
Dari sirah ternyata *Rasulullah saw. terus  melancarkan dakwahnya kepada qabilah-qabilah dan suku-suku bangsa Arab di pasar-pasar walaupun mereka menolaknya,*
malah mereka juga memperolok-olokkan dan mengganggunya.
Nabi Muhammad saw. juga merantau ke beberapa tempat yang jauh dan mengalami berbagai kesulitan dalam menyampaikan dakwah Islam.

_"Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi hidayah kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang dikehendaki-Nya"._
*(Al-Qashash 56)*

Dikutip dari:
*Fiqhud Dakwah* ( _Syaikh Musthafa Masyhur_)
Share:

0 comments:

Post a Comment