Sunday, December 11, 2016

Bait-bait Peneguh Jiwa #11

Oleh: Shakti Jannada Sukmaseta

🌊 ** 🌊
_12 Rabiul Awwal 1438H_

*Standar Ukhuwah dan Syarat-syaratnya*
Ukhuwah atas nama Allah mempunyai ukuran dan syarat-syarat yang harus diketahui dan diperhatikan selain juga harus dipakai sebagai metode dalam menjalaninya.
Ukhuwah dapat menciptakan kebahagiaan manusia di dunia ... bahkan Allah menghitung perbuatan seseorang dari intensitas ukhuwah tersebut pada hari kiamat nanti.
Rasulullah bersabda,
_"Seseorang bisa terpengaruh oleh agama sahabat karibnya. Oleh karena itu, perhatikanlah salahseorang diantara kamu dengan siapa ia bergaul."_
(HR.Abu Dawud)

Dan dikatakan pula,
_"Barangsiapa mencintai suatu kaum maka dia akan dimasukkan hitungan kedalam kaum tersebut"_
Melihat pentingnya masalah ini, maka apa sebenarnya standar yang harus kita pakai dalam mengukur ukhuwah kita atas nama Allah?

Allah telah memberikan batasan tentang ukuran tersebut sebagaimana tergambar dalam firmanNya melalui bahasa Nabi Musa,
_"dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku, (yaitu) Harun, saudaraku, teguhkanlah dengan dia kekuatanku, dan jadikanlah dia sekutu dalam urusanku, supaya kami banyak bertasbih kepada Engkau, dan banyak mengingat Engkau. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Melihat (keadaan) kami."_
(QS.Thaha : 29-35)

Nabi Musa telah memberi batasan tentang tujuan dari _ukhuwwah_ yang hendak diraih, dia menginginkan saudaranya yaitu Nabi Harun agar bisa menjadi sandarannya, yang bisa men _support_nya dan membantunya menghadapi kehidupan.
Musa ingin Harun menjadi kawannya dalam setiap perkara yang dihadapinya.
Saling membagi dalam suka maupun duka, dan saling berbagi menyelesaikan problem.
Disamping itu Musa juga menginginkan Harun sebagai saudara yang bisa membantunya dalam meningkatkan dzikir kepada Allah dan bertasbih kepadaNya.

πŸ‘³πŸ»πŸ“ΏπŸ‘³πŸ»πŸ“ΏπŸ‘³πŸ»πŸ“Ώ

Ketiga sifat tersebut yaitu,
*1. Tolong menolong dalam kehidupan*
*2. Berbagi dalam menyelesaikan masalah*
*3. Membantu mendekatkan diri kepada Allah*
adalah ukuran yang harus selalu dipakai oleh orang yang ingin ukhuwahnya di jalan Allah.
Sifat ini adalah contoh ideal yang dimaksudkan sebagai ukhuwah karena Allah.
Akan tetapi _*sifat-sifat seperti ini tidak muncul dalam diri seseorang dengan seketika*_, namun mencapai kesempurnaannya *melalui proses yg panjang.*

Seseorang saudara yang engkau cari untuk membantumu sebenarnya dia juga mencarimu untuk dapat membantunya, sehingga perumpamaan dua orang saudara ketika mereka berdua bertemu adalah seperti dua tangan, yang membasuh satu sama lain.
Demikian juga yg dilakukan *seorang kawan di jalan Allah*, masing-masing memiliki kekurangan yg akan dapat dihilangkan dengan saling mengingatkan dan menjaga, saling menasehati dan saling berwasiat dalam kebenaran diantara mereka.

Secara garis besar, syarat-syarat ukhuwwah tersebut adalah membangun hubungan tersebut atas nama Allah serta karena ridla-Nya, yang bersih dari tendensi yang bersifat keduniaan dan masalah-masalah yang menyangkut materi.
*Yang mendorong terjadinya semua  itu tentu iman kita kepada Allah, bukan yang lain.*
Allahu a'lam.

Sumber:
*Rakaizu Dakwah*( _Dr.Majdi Al-Hilali_)

πŸ‘³πŸ»πŸ“ΏπŸ‘³πŸ»πŸ“ΏπŸ‘³πŸ»πŸ“Ώ

Selamat Rehat Sobat..
#RimbawanMuslim
#BertemudalamKetaatan
#BersatuDalamPerjuangan
🌜🌟🌜🌟🌜🌟
Share:

0 comments:

Post a Comment