Wednesday, December 14, 2016

Bait-bait peneguh Jiwa #12

πŸ›€ *Bait-bait Peneguh Jiwa#12* πŸ›€
_13 Rabiul Awwal 1438H_

*Jalan Menuju Keikhlasan*

Mencapai keikhlasan adalah perkara yang berat, sulit dan menuntut seorang hamba untuk mencari pertolongan-pertolongan yang dapat membantu dirinya dan memudahkan jalannya menuju Allah.
Allah swt. telah mengetahui sejauh mana kelemahan dan ketidakmampuan kita untuk melewati rintangan-rintangan itu dan kekalahan kita yang terus-menerus di hadapan rayuan dunia dan tuntutan nafsu.

Allah swt. tidak menuntut kepada orang yg menghendaki keikhlasan kepadaNya kecuali hanya untuk memohon pertolongan kepadaNya, sebab keutamaan dan kemurahan apalagi yang lebih baik dari itu.

Meminta pertolongan kepada Allah diwujudkan dengan merasa lemah, rendah, dan selalu mengakui sejauhmana kelemahan dan kebutuhan kita kepada Allah.
Dan *kalau Allah membiarkan kita* maka kita akan hancur dan akan menjadi budak hawanafsu kita sendiri, kita akan menjadi pengikut setan dan tenggelam di dalam lautan dunia.
Kenapa tidak, padahal Allah swt. telah membuat kita menjadi cinta kepada iman dan taat serta membuat kita menjadi benci dengan kekafiran, kefasikan, dan maksiat.

Ibnul Qayyim berkata,
_"Seorang hamba berada diantara Allah dan musuh-musuhnya yaitu setan-setan manusia dan jin. Kalau Allah menjaga dan melindunginya dari mereka maka mereka tidak akan mendapatkan jalan menuju kepadanya, dan apabila Allah berpaling darinya dan melimpahkan urusannya kepada dirinya sendiri meskipun hanya sekejap maka mereka akan dapat mengalahkannya."_

Ibnu Athaillah berkata dalam _Al-Hikam_nya yang mulia,
_"Telitilah dengan sifat-sifatmu maka Allah akan membekalimu dengan sifat-sifatNya, telitilah dengan kerendahanmu maka Allah akan membekalimu dengan kemuliaanNya, telitilah dengan kelemahanmu maka Allah akan membekalimu dengan kekuasaanNya, dan telitilah dengan ketidakmampuanmu maka Allah akan membekalimu dengan daya dan kekuatanNya"_

Allah swt. menginginkan dari kita agar selalu meneliti sifat-sifat kehambaan kita kepadaNya,
Yaitu kerendahan, kelemahan, ketertundukan, dan penyerahan agar Allah membekali kita dengan sifat-sifat ketuhanan yaitu dukungan, kebenaran, dan pertolongan, sebagaimana difirmankan oleh Allah,
_"Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah"_
*(QS.Ali Imran: 123)*

Sumber:
_Rakaizud Dakwah_ ( *Dr.Majdi Al-Hilali*)

🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾
#Hasbunallahwani'malwakiil
#Ni'malmawlawani'malwakiil
#RimbawanMuslim
#SalingWasiatmenetapiKesabaran
Share:

0 comments:

Post a Comment